Kamis, 03 Januari 2013

Asal Mula Pembentukan JKT48

Asal Mula Pembentukan JKT48
Nama AKB48 tentu bukan hal yang asing di telinga para penyuka musik Jepang. AKB48 memang grup idola asal Jepang yang sangat populer hingga ke kawasan luar negerinya sendiri, bahkan di luar Asia. Jadi, ada hubungan apa antara AKB48 dengan grup idola baru di negara kita ini? Awalnya, saat nama JKT48 mulai menyeruak, banyak yang langsung skeptis dan menduga kalau grup ini cuma ikut-ikutan fenomena boyband/girlband yang memang sedang marak. Tak sedikit juga yang mengira grup ini menjiplak AKB48. Tapi, siapa sangka kalau ternyata AKB48 memang membentuk grup “adik” mereka di Indonesia?!
Indonesia boleh berbangga karena JKT48 adalah grup sister resmi pertama dari AKB48 yang berlokasi di luar Jepang. AKB48 sendiri sudah memiliki sejumlah grup sister lainnya, seperti SKE48, SDN48, NMB48, dan HKT48. Pandangan-pandangan skeptis yang ditujukan pada JKT48 dipatahkan serta-merta lewat konferensi pers yang diadakan November lalu. Sebelas September 2011 adalah pertama kalinya pembentukan grup ini diumumkan ke khalayak Jepang lewat acara yang digelar di daerah Chiba. Akimoto Yasushi, produser yang merintis AKB48, menuturkan kalau pembentukan sister group yang berlokasi di Jakarta ini diharapkan bisa membangun hubungan yang lebih dekat antara Indonesia dan Jepang.
Pembentukan sister group AKB48 ini bukannya tanpa publikasi khusus, lho. Takahashi Minami, kapten dari grup idola perempuan dengan puluhan personil ini, sempat berkunjung ke Jakarta pada tanggal 4 Oktober lalu sebagai public relation utusan AKB48! Selain menggelar acara jumpa fans di Plaza Senayan dan acara musik Dahsyat, Minami juga menemui para personil JKT48 dan memotivasi mereka semua.
Anggota grupnya sendiri ditentukan lewat audisi yang diadakan pada bulan September sampai Oktober, tentunya di Jakarta. Syarat-syarat yang disertakan kurang lebih bersifat layaknya idola pada umumnya, kecuali tentu saja batas umur yang memang ditetapkan ala AKB48. Batas umur tersebut adalah rentang antara 13 – 20 tahun. Selebihnya, yang diutamakan adalah daya tarik dari segi bakat dan penampilan, termasuk keahlian di depan lensa kamera alias fotogenik. Audisi ini berakhir dengan menyisakan 28 remaja perempuan yang termasuk ke dalam generasi pertama (tim “J”).




Konsep dan Karir JKT48

Konsep yang diusung AKB48 pada dasarnya bertujuan menghadirkan idola-idola yang bisa ditemui para penggemarnya. Grup idola dengan jumlah anggota terbanyak ini memiliki gedung teater mereka sendiri, di mana siapa saja bisa melihat anggota-anggotanya secara langsung setiap harinya! Seru, ya? Pastinya komunikasi yang dekat dengan fans bisa meningkatkan popularitas sang idola hari demi harinya. Nah, konsep semacam ini jugalah yang nantinya secara garis besar diterapkan pada para personil JKT48.
Iklan Pocari Sweat berdurasi 30 detik dan 15 detik menjadi proyek pertama yang dilakukan oleh ke-28 personil awal JKT48. Pihak Pocari Sweat mengaku kalau grup idola Indonesia yang satu ini melambangkan anak-anak muda berbakat yang memang satu visi dengan produk mereka dan pantas menjadi ikon iklan Pocari Sweat. Lokasi syuting yang bertempat di pantai Kepulauan Seribu tampaknya begitu pas dalam penggambaran iklan yang menampilkan motto “berkeringat bersama mengejar mimpi” ini. Para remaja perempuan tersebut tampak bersemangat sambil menari dan menyanyikan lagu “Heavy Rotation”, salah satu single AKB48 yang paling laris di tahun 2010. Coba lihat iklannya, deh!
Rencananya, mereka masih akan dipakai untuk membintangi iklan-iklan Pocari Sweat selanjutnya. Sementara itu, penampilan perdana para anggota JKT48 generasi pertama ini kabarnya akan diadakan di penghujung tahun 2011 ini.

AKB48 = JKT48 / JAKARTA 48

Pada 2 November, Audisi final JKT48, sister grup pertama AKB48 yang berada di luar Jepang tepatnya berlokasi di Jakarta, Indonesia, diadakan di sebuah hotel di Jakarta. Dari audisi ini, 28 member generasi pertama untuk grup ini telah terpilih.
Akimoto Yasushi, Juri sekaligus produser umum berkomentar saat press conference, “Meskipun terdapat banyak perbedaan dari segi budaya, bahasa, adat istiadat, dan karakter nasional (bila dibandingkan dengan Jepang) Aku tetap merasa audisi kali ini bakalan sukses. Ia melanjutkan, “Jepang sedang mengalami kesulitan karena bencana yang pernah menimpanya, tapi Aku yakin JKT48 bisa menjembatani antara 2 negara ini”.
JKT48 akan melakukan debutnya di tahun ini, dan sister grup luar Jepang yang lain, TPE48 yang berpusat di Taipei, Taiwan, dijadwalkan akan memulai debutnya musim panas tahun depan. Kata Akimoto, Ia juga berencana akan membuat sister grup luar Jepang di Singapura dan Thailand.
Terdapat 1200 pendaftar yang mengikuti audisi ini. Kemudian disaring hingga mencapai 50 gadis setelah melalui seleksi dan interview. Penilaian untuk dance dan menyanyi serta interview dilaksanakan pada audisi final.
Selamat kepada ke-28 member JKT48!

2 komentar: